Sablon Plastisol

Tinta Plastisol

Tinta Plastisol adalah tinta yang terbuat dari bahan dasar PVC/plastik. Tinta ini banyak digunakan di Amerika dan Eropa. Tetapi saat ini banyak produk ternama tidak menyarankan memakai tinta plastisol karena tinta ini mengandung Pethalate yang membuat iritasi pada kulit yang sensitif /peka.

Kelebihan Sablon Plastisol
Tinta plastisol adalah tinta yang terbuat dari bahan kimia, plastic dan minyak. Tinta ini yang mempunyai keunikan khusus yang tidak dimiliki oleh varian tinta sablon lainnya yaitu sifatnya yang tidak mudah kering di screen.

  1. Sablon Plastisol ini memiliki keawetan tinggi. Bahkan, dicuci berkali-kali pun tak mudah rusak dan masih tetap dalam kondisi bagus.
  2. Tinta ini juga dapat menempel kuat pada kain.
  3. Hasil dari sablonannya pun menghasilkan warna cerah walupun hanya satu kali gesut.
  4. Selain itu limbah yang dihasilkan dari plastisol ini sangatlah minim, dikarenakan sifatnya yang tidak mudah kering sehingga sisa tinta plastisol dapat dimasukkan wadah dan disimpan kembali.

Kekurangan Sablon Plastisol

  1. Dalam proses produksi juga sangat dibutuhkan alat-alat yang memadai untuk mendukung hasil yang sesuai keinginan, seperti curing untuk memaksimalkan pengeringan.
  2. Tinta plastisol menutup pori kain, sehingga ketika keringetan udara tidak bisa masuk sehingga terasa gerah
  3. Tinta ini tidak cocok jika pelanggan atau customer kita memesan kaos untuk keperluan cepat, karena dengan tinta plastisol ini membutuhkan waktu produksi yang sedikit lebih lama, terutama pada proses pengeringannya.
  4. Perawatan kaos dengan sablon plastisol perlu lebih ekstra, misalnya area sablon plastisol tidak boleh terkena setrika karena akan meleleh dan lengket.

Artwork/Design yang dipakai
Gambar-gambar yang dihasilkan untuk tinta plastisol bebas bisa di gambar yang ngeblock /warna solid atau gambar gradasi warna.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *