Sablon Flocking

Flocking sebetulnya bukan cat/tinta seperti sablon lainnya, melainkan kertas seperti beludru, di mana proses pembuatannya adalah dengan dipress menggunakan mesin heater (panas), setelah terlebih dahulu kaos yang akan dipress diberi lem khusus, sehingga kertas flocking akan pindah ke kaos.

Perawatan terhadap sablon flocking haruslah extra, di mana sablon (gambar) flocking tidak boleh disterika langsung atau dicuci menggunakan mesin cuci. Tapi sensasi sablon ini memang luar biasa… karena media beludru yang dijadikan sebagai gambar memang keren abis.
Gambar untuk sablon flocking hanya bisa satu warna saja, sesuai dengan warna kertas flock yang akan kita press

Handfeel/Tekstur Tinta
Fisik Sablon Flocking sebetulnya bukan lah tinta seperti plastisol atau rubber, tetapi berupa serbuk. Flock adalah bahan fiber berbentuk bubuk yang tampilan fisiknya seperti beludru. Handfeel sablon flock seperti beludru yang biasa kita temuin di karpet- karpet rumah lho.

Jenis Tinta atau Bahan Dasar Sablon Flocking
Kalau kita beli di toko bahan-bahan tinta, print flocking ada 2 macam yaitu :

1. Kertas Flock
Teknik ini adalah proses memindahkan flocking yang sudah dicetak sebelumnya diatas kertas transfer (pre printed) kemudian gambar flocking yang terbalik tadi dipindahkan keatas kain dengan menggunakan mesin press panas. dimensi kertas flocking adalah 40 x 50 cm.

2. Serbuk Flock
Flock serbuk menggunakan mesin flocking portable dimana serbuk flocking ditempatkan dalam container atau wadah yang mempunyai tutup dan dapat digeser di meja panjang mengikuti alur proses screen printing lem.

 

Kelebihan Sablon Flocking

  1. Keunggulan sablon flocking adalah permukaannya sangat bagus ketika disentuh dan membantu desain anda timbul dipermukaan kaos. Sensasi sablon ini memang luar biasa… karena media beludru yang dijadikan sebagai gambar memang keren abis.
  2. Teknik sablon flock sangat cocok untuk desain yang tidak terlalu kompleks. Gaya flock ini populer digunakan untuk mencetak angka pada t-shirt dan gambar clip art.
  3. T-shirt atau kaos yang disablon menggunakan teknik sablon flocking akan terasa timbul. Jika menggunakan bahan beludru untuk sablon flocking, maka permukaan sablon akan terasa lembut dan berbulu.

Kelemahan Sablon Flocking

  1. Gambar untuk sablon flocking hanya bisa satu warna saja, sesuai dengan warna kertas flock yang akan kita press.
  2. Warna  kertas / serbuk flock terbatas.
  3. Kaos akan menjadi kaku bila gambar yang disablon besar, terutama bila bahan kaosnya tipis.Artwork/Design yang dipakai
    Gambar-gambar yang dihasilkan untuk tinta foam adalah gambar – gambar yang solid seperti Font, gambar yang tidak mengandung gradasi warna. Sedangkan gambar yang berjenis gradasi seperti foto, atau ada gradasi warna tidak dapat disablon dengan jenis sablon foam.

Contoh Hasil Sablon Flocking.

Dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud.

Buka Obrolan
Butuh bantuan?
Halo, Kak ada bisa Kami bantu ?